• Tentang Diri

    Nama : Dwi Aryssandhy S
    Phone : 0816597822 / 081336155858
    Status : InsyaALLAH menuju FULL TDA
    "Dicintai-mu dan disegani-nya"

  • Kategori

  • Memori

Gambaran Perusahaan atau Bisnis

Dalam mengarungi dunia bisnis, tentu banyak hal yang perlu kita cermati dan dapat kita pelajari sebagai bahan bagi kita untuk meningkatkan kinerja kita di perusahaan ataupun dalam meningkatkan kekuatan bisnis usaha kita sehingga dapat tumbuh dan berkembang seperti layaknya sebuah pohon. Pohon ini kita ambil perumpamaan karena memang pohon cukup banyak memberikan inspirasi bagi kita semua mengenai pertumbuhan dan perkembangan.

Sangat mafhum dalam benak kita, bahwasanya awal mula pohon berupa bibit yang kemudian tumbuh akar dan dibarengi dengan pertumbuhan sebuah batang. Mengapa sebuah pohon menumbuhkan akar terlebih dahulu dan batang, bukan langsung sebuah daun? Tentunya kalau kita melihat unsur logis akan menjawab tidak logis daun dahulu karena memang sejak kecil kita memperoleh ilmu bahwa daun tumbuh di dahan-dahan sehingga logika berfikir kita pun akan merunut demikian.

Namun ALLAH SWT tentu memiliki hikmah tersendiri dalam proses tumbuh dan berkembangnya sebuah pohon. Diawali dengan akar dan seiring sejalan dengan perkuatan akar, maka batang pun tumbuh. Akar dalam sebuah perusahaan maupun bisnis merupakan penjelmaan dari vision (visi), values (nilai atau budaya perusahaan), kapabilitas, serta sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan maupun bisnis. Dengan visi yang kuat dan kokoh, budaya yang tertanam cukup dalam di setiap perilaku SDM yang ada di perusahaan maupun dalam bisnis, menjadi titik tolak dan bekal bagi perusahaan maupun bisnis untuk terus tumbuh dan berkembang. Namun, akar saja tentulah tidak cukup. Batang yang tumbuh seiring dengan penguatan akar, dan semakin lama semakin membesar dan meninggi, menunjukkan perlunya pemantapan strategi yang akan menjamin berlangsungnya roda perusahaan maupun usaha. Di samping itu pula perlunya system yang menguatkan kemampuan strategi dalam mengeksekusi strategi tersebut yang terkait dengan visi serta nilai / budaya perusahaan atau bisnis. Kulit – kulit dari sebuah batang pohon berupa inovasi – inovasi yang tiada henti, baik itu inovasi terhadap produk, system, maupun strategi semakin menunjukkan eksistensi sebuah pohon berupa perusahaan maupun bisnis. Kemudian dengan semakin tumbuh dan berkembangnya sebuah pohon, maka daun – daun mulai tumbuh mekar menunjukkan kesempurnaan sebuah bangunan pohon yang indah dengan pola marketing, ide penjualan, pelayanan yang berorientasi kepada pelanggan, serta kemitraan dengan berbagai pihak yang terkait dengan perusahaan maupun bisnis. Daun – daun yang tumbuh awal mulanya kecil yang mengikuti pola batang dan akar yang juga masih belum kokoh. Namun seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan akar dan batang, maka daun – daun yang kecil berganti dengan daun – daun yang menyesuaikan dengan akar dan batang pohon. Begitu pula dengan marketing, pelayanan, penjualan serta kemitraan dalam sebuah perusahaan maupun bisnis. Akan terus berganti seiring dengan tumbuh dan berkembangnya perusahaan ataupun bisnis.

Hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa tumbuh dan berkembangnya sebuah pohon menjadi inspirasi bagi kita semua untuk mengetahui sendi – sendi kehidupan sebuah perusahaan maupun bisnis. Tentunya kita merasa tidak nyaman dengan adanya pohon tanpa daun, tampak ”kering” dan menjemukan. Begitu pula dengan perusahaan. Ditopang dengan adanya bunga dan buah yang merupakan wujud dari hasil perusahaan ataupun bisnis, akan menjadikan perusahaan ataupun bisnis seperti sebuah kehidupan yang menyegarkan, yang menyenangkan berbagai pihak, dan mensejahterakan berbagai sendi – sendi kehidupan.

Pelajaran dari sebuah pohon, akan memberikan banyak manfaat. Bagi kita yang bekerja di perusahaan ataupun memiliki bisnis, maka pastikan akar perusahaan maupun bisnis kita cukup kokoh menopang dengan selalu fokus untuk menguatkan vision, values, kapabilitas, dan sumber daya yang ada di perusahaan maupun bisnis, terlebih sumber daya manusia yang menjadi denyut nadi perusahaan maupun bisnis. Namun, akar yang kokoh tanpa adanya batang, hanyalah merupakan mimpi sebuah pertumbuhan dan perkembangan perusahaan mauapun bisnis. Sehingga hidupkan visi perusahaan maupun bisnis kita dengan strategi, sistem, maupun inovasi sehingga mampu tumbuh dan berkembang dengan kokoh. Sebaliknya, batang strategi, sistem, dan inovasi hanya akan menjadi sebuah mimpi buruk bagi perusahaan maupun bisnis, jika visi maupun values perusahaan hanya berupa akar yang kecil dan lemah.. Kemudian berikan pelayanan yang lebih dari yang diharapkan pelanggan, program marketing yang luar biasa berbeda yang hampir belum terpikirkan oleh pelanggan, serta kemitraan yang saling menguntungkan dan bekerja bersama dalam upaya menyejukkan dan memakmurkan sekitar pohon perusahaan ataupun bisnis.

Satu Tanggapan

  1. Good article.. thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: