• Tentang Diri

    Nama : Dwi Aryssandhy S
    Phone : 0816597822 / 081336155858
    Status : InsyaALLAH menuju FULL TDA
    "Dicintai-mu dan disegani-nya"

  • Kategori

  • Memori

[Sharing] Tips 11 : Menghilangkan Birokrasi Kaku

Birokrasi Kaku berarti pemborosan, pembuatan keputusan yang lambat, persetujuan-persetujuan yang tidak perlu, dan hal-hal lain yang membunuh semangat kompetitif perusahaan, karena terlalu banyak orang yang bekerja hanya sekedar mengelola memo yang merupakan pengulangan-pengulangan perencanaan sehingga menjadi lebih rumit

1. Birokrasi kaku adalah musuh

  • Birokrasi yang kaku takut terhadap perubahan, ngeri terhadap kecepatan, dan membenci kesederhanaan.
  • Temukan jati diri dan jadilah diri sendiri sehingga tidak terkungkung dalam birokrasi yang kaku dan bertanggung jawab terhadap kesuksesan dan kegagalan diri sendiri

2. Hilangkan pekerjaan yang tidak perlu

  • Hindari memantau kinerja anggota yang terlalu dekat dengan diri kita
  • Jauhi membuat memo karena akan menjauhkan kita dari berbicara dengan orang-orang lapangan secara langsung sehingga banyak informasi yang nyata lepas dari padangan kita

3. Pemangkasan lapisan-lapisan manajemen (delayering)akan menciptakan organisasi yang datar dan cepat tanggap

  • Pengendalian yang berlapis akan memperlambat kecepatan organisasi
  • Sederhanakan, dan hilangkan kompleksitas serta formalitas, sehingga dapat membuat organisasi menjadi lean (bebas dari pemborosan) serta agile (tangkas/cepat tanggap)

4. Melakukan ”penyerbukan silang” untuk membuat keputusan-keputusan menjadi lebih cepat dan lebih baik

  • Jauhkan alat-alat dan dokumen yang tidak mendukung pemikiran-pemikiran original/asli

5. Mendukung anggota organisasi untuk mengidentifikasi masalah dan solusi masalah

  • Hindarkan setiap anggota organisasi dalam melakukan upaya-upaya yang menghambat pemberdayaan
  • Hindarkan setiap anggota menilai berdasarkan perasaan, namun biasakan menilai berdasarkan obyektif manfaat terhadap peningkatan kinerja organisasi

6. Menciptakan suasana kerja semi-formal

  • Kirimkan catatan-catatan tulisan pribadi secara informal kepada anggota organisasi
  • Menjaga pertemuan-pertemuan lebih berisi diskusi-diskusi terkait ide untuk melakukan perbaikan atau meningkatkan kinerja organisasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: