• Tentang Diri

    Nama : Dwi Aryssandhy S
    Phone : 0816597822 / 081336155858
    Status : InsyaALLAH menuju FULL TDA
    "Dicintai-mu dan disegani-nya"

  • Kategori

  • Memori

BERLEBIH-LEBIHAN

by : Rahmadsyah M.Bs.M.M <rahmad.aceh@yahoo.com.sg> : 12-09-2007

Wahai bani Adam pakailah pakaianmu yang indah setiap kali masuk masjid (untuk beribadah) dan makan minumlah tetapi jangan berlebihan karena Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.”( QS.Al-A’raf [7]:31).

Dari Anas bin Malik ia berkata,”Datanglah tiga golongan yang mendatangi rumah isteri-isteri Rasulullah secara diam-diam dan menanyakan tentang ibadah beliau SAW. Setelah mereka diberikan lalu mereka membicarakannya dan berkata di mana posisi kita dibanding dengan Rasulullah SAW padahal beliau SAW telah diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang. Salah satu di antara mereka berkata,”Saya akan selalu shalat malam terus menerus. ”Yang lain berkata,”Saya akan berpuasa terus menerus sepanjang tahun.” dan yang lain lagi berkata,”Saya akan menjauhi wanita dan tidak akan menikah selamanya.”
Kemudian Rasulullah SAW mendatangi mereka seraya berkata,”Apakah kalian yang mengatakan begini dan begitu? Ketahuilah demi Allah SWT sesungguhnya sayalah orang yang paling takut kepada Allah SWT dan paling bertaqwa kepada-NYA tetapi saya berpuasa dan berbuka, saya shalat dan tidur serta menikahi wanita. Barangsiapa yagn membenci sunnahku maka bukan golonganku. (HR.Mutafaqun’ alaihi)

Aisyah bercerita,”Ketika Rasulullah SAW masuk ke rumahku, pada saat itu saya sedang duduk bersama seorang wanita lalu beliau bertanya,”Siapakah orang ini?”ini adalah fulanah yang berkenalan dengan shalatnya,”jawabku. Kemudian beliau SAW bersabda,”Kerjakanlah sesuai dengan kemampuanmu. Demi Allah, Allah SWT tidak akan bosan sampai kamu merasa bosan. Sesungguhnya amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah amalan yang terus menerus sekalipun sedikit.”(HR. Mutafaqun’ alaihi).

Pada keterangan yang lain Rasulullah SAW Juga bersabda,”Janganlah kamu terlalu membebani dirimu, karena kamu akan terbebani. Sesungguhnya suatu kaum yang membebani dirinya akan dibebani. Sisa- sisa kondisi itu berada di tempat-tempat kebaktian dan biara-biara. Itulah kerahiban yang mereka buat-buat yang tidak kami wajibkan atas mereka.”(HR.Abu Daud).

bbnu Abbas meriwayatkan, ”Ada seorang mantan budak wanita yang dimiliki oleh Rasulullah SAW, ia rajin melakukan puasa di siang hari dan shalat di malam hari. Kemudian hal itu dikabarkan kepada beliau SAW. Kemudian beliau SAW berkata,”Sesungguhnya tiap-tiap amalan ada masa rajinnya dan tiap-tiap masa rajin itu ada masa kehangatannya. Barangsiapa yang kehangatannya kepada sunnahku maka ia mendapat petunjuk dan barang siapa yang kehangatannya kepada selain sunnahku maka ia sungguh tersesat.”(HR. Al-Bazzar) .

Inilah konsep islam dalam menjaga ummatnya agar tidak berlebihan, karena salah satu kehancuran umat terdahulu karena qhuluw.”Jauhilah olehmu sikap berlebihan dalam beragama karena sesungguhnya yang mencelakan umat terdahulu adalah sikap berlebihan dalam beragama.”(HR. Ahmad)

Satu Tanggapan

  1. makasih ilmunya…salam hangat,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: