• Tentang Diri

    Nama : Dwi Aryssandhy S
    Phone : 0816597822 / 081336155858
    Status : InsyaALLAH menuju FULL TDA
    "Dicintai-mu dan disegani-nya"

  • Kategori

  • Memori

Yuk Berbisnis Unik

By : isdiyanto <isdiyanto_he@yahoo.com> : 07-09-2007

Dear TDAers All, saya dapat amunisi baru untuk mengajak kembali teman-teman TDA berbisnis unik. jangan lupa, unik.

`Kaisar’ James Gwee Jurus Bisnis Laut Biru

Jurus bisnis laut biru. Itulah jurus paling menghanyutkan `Kaisar’ James Gwee saat menghipnotis lebih dari 1000 peserta seminar The World Business Mastery 2007, di Hall C1, PRJ, Kemayoran, Jakarta. Menakjubkan.

Dengan pakaian yang disetup seperti seorang Kaisar, James menampakkan wibawanya sebagai pembicara seminar kelas dunia. Seminar kali yang digagas oleh Succes Spirit terasa magis. Peserta dibuat terpana, dan ruangan berkapasitas 1500 tempat duduk nii suasananya terasa bergelora, sesak dibuatnya.
Inilah seminar yang tidak hanya menjejali peserta dengan pengetahuan berbagai jurus-jurus bisnis terbaru dari pakar bisnis dunia, tetapi juga mengemasnya menjadi pertunjukan, yang mengalir di bawah balutan susana entertainment yang gemebyar, namun rileks, ringan, dan penuh tawa. Personifikasi James, pria kelahiran Singapura 46 tahun lalu ini, dengan kostum Kaisar juga menampakkan aura magisnya. Saat ia menyapa peserta : apa kabar, gemuruh itu jawabannya seperti memecahkan suasana.

Jurus-Jurus Bisnis
Diantara jurus-jurus bisnis dari para pakar bisnis dunia yang dibawakan James, jurus bisnis laut biru (blue ocean strategy ) terasa `menggelegar’ . Ia membawakannya penuh keyakinan diri, sehingga pengaruhnya melebihi dari apa yang ingin dikatakan penggagasnya, W Chan Kim dan Renee Maubourgne,
James, suami dari Lilly Septiani dan ayah dari tiga anak ini, membawakan jurus bisnis laut biru, dengan penuh kepiawaian sehingga menghanyutkan. James bahkan membuat frase-frase baru yang mengambil intisari dari strategi bisnis ini menjadi lebih mudah dikenang. Misalnya, jangan bersaing dengan para pesaing, tetapi jadikan kompetisi itu menjadi tidak relevan, menjadi tidak terukur karena beranjak keluar dari persaingan yang tidak sehat.

Jurus Bisnis Laut Biru
Kim dan Maubourgne, seperti yang diungkapkan James, tidak menafikan susana yang penuh persaingan bisnis sebagai daerah merah, atau mereka menyebutnya, red ocean sebagai strategi bisnis yang banyak diikuti orang. Bahkan strategi ini pun masih berlangsung hingga kini. “Tengoklah diri anda, sedang dimana bisnis anda berada,” tukas James Daerah merah ini bukan hanya menghasilkan semangat bisnis yang jor-joran, dan hancur-hancuran, tetapi justru menimbulkan suasana destruktif yang mematikan. Setiap pebisnis yang inovatif, menurut James harus berfikir dan melakukan hijrah ke arah blue ocean. Jika sebuah perusahaan berhasil menciptakan blue ocean , maka ia pasti akan tumbuh dan berkembang pesat karena hanya ia sendirilah yang bermain dalam pasar baru itu
tanpa kehadiran pesaing. Kompetisi? Tidak berlaku lagi karena hanya mereka sendirilah pemainnya. Mereka bahkan bebas menentukan harga ! James kemudian memberikan ilustrasi beberapa perusahaan yang telah menerapkan strategi bisnis ini. Ia juga menggambarkan secara statistic tahap demi tahap bagaimana perusahaan yang mampu keluar dari zona merah ke zona biru. Pertumbuhannya fantastik.
Tentu, apapun yang dikatakan James, tak lebih dari sebuah jurus bisnis. Laiknya sebuah jurus, anda tidak akan dapat memainkannya jika anda tidak memahami falsafah dan dasar-dasar berbisnis, yaitu selalu menciptakan kreasi berupa inovasi untuk peningkatan keuntungan pelanggan yang disesuaikan dengan harga jual dan biaya. Selamat menuju zona biru. (liputan-liputan bisnis unik dapat anda dapatkan di majalah WK September yang mulai beredar tanggal 12an, maaf
terlambat ada iklan besar masuk. Mohon maaf nyelip promo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: